©2019 by Yospina Lidan Patiung ( Travel's Recap )

  • Facebook
  • YouTube
  • Yospina Lidan Patiung

"PERANG" air TERBESAR DI DUNIA

Diperbarui: 12 Mei 2019

Songkran Festival (Thailand new year) - Festival air terbesar di dunia. Songkran bagi warga Thailand adalah moment untuk membersihkan diri dari kesalahan di masa lalu untuk memulai hidup baru, bagi Thailand Buddha Songkran diawali dengan pergi ke Kuil berdoa, membersihkan kuil dan juga patung Buddha serta menawarkan makanan kepada Biksu. Anak-anak/orang muda Thai juga berkesempatan memberi penghormatan dan meminta maaf kepada orang yang lebih tua misalnya kepada orangtua dan guru atau dosen meraka.

Pada saat Songkran, orang Thailand senang dipercik air karena hal ini sebagai simbol pembersihan diri dari pikiran negatif dan tindakan yang tidak baik yang pernah mereka lakukan di masa lalu. Air juga dipercaya dapat menghalau ketidakeberuntungan sehingga mereka bisa memulai hidup di tahun berikutnya dengan lebih baik.

Sekalipun perantau di Bangkok memanfaatkan libur nasional (libur seminggu) ini untuk mudik dan menyebabkan kota lengang namun perayaan songkran tetap meriah karena banyaknya pelancong dari seluruh penjuru dunia datang khusus untuk merasakan serunya Songkran.


Belakangan, Songkran dirayakan oleh anak-anak muda Thailand dengan guyur-mengguyur dan semprot-menyemprot untuk seru-seruan sambil merayakan tahun baru. Orang Thailand senang dengan kegembiraan, bahkan dalam bekerja pun orang Thailand akan membuat pekerjaan itu selalu menyenangkan. Jadi dalam Festival air ini, orang akan datang berkumpul di suatu tempat, seperti di Bangkok biasanya akan berkumpul di Khaosan Road, Silom Road, Pusat keramaian lainnya seperti Mall dengan membawa pistol air mereka bahkan dengan "senjata" yang lebih besar.

Suasana di Silom Road pada tanggal 13 April 2019, sore


Silakan nonton video Perayaan Songkran 2019 Bangkok di sini : https://youtu.be/1Rl-Sh_39ao



Persiapan Songkran

Sehari sebelum Persiapan dan Perayaan Songkran Saya mengunjungi Wat Arun, Kuil Buddha tertua di Bangkok - yang terkenal dengan patung Buddha Berbaring ( Reclining Buddha) ini adalah kunjungan ke-2 kali bagi saya ke Wat Pho, karena saya ingin melihat langsung bagaimana prosesi persiapan Songkran. Sayangnya saya datang terlambat karena pagi bangun telat lalu nyari sarapan dulu dan cari bus stop ( rute Silom - Phra Nakhon) jadi sampai di Wat Arun sudah hampir jam 12 dimana acara pembersihan Patung Buddha sudah selesai. Saya tinggal menyaksikan acara pembersihan umat yang dilakukan oleh seorang Biksu dan memercikkan air ke patung-patung Buddha


Biksu memercikkan air tanpa pembersihan diri kepada para pengunjung di Wat Pho ( Persiapan Songkran )

Acara memercikkan air dan memberikan minyak ke patung Buddha di Wat Pho - Bangkok, 12 April 2019.Photo by : Yospina Patiung (www.youtube.com/opinez)

Video persiapan Songkran bisa dicek di sini : https://youtu.be/sTh7qAJSp5s

Oh ya, saya memutuskan menginap di area Silom tempat perayaan Songkran setelah saya search informasi terkait perayaan songkran di Khaosan Road yang diperkirakan tidak akan semeriah tahun - tahun sebelumnya karena khusus tahun ini ada persiapan pelantikan Raja baru Thailand dan Khaosan Road dekat dengan lokasi pelantikan. Jadi saya menginap di TY Guest House - Silom Road sehingga harus jalan kaki sekitar 10 menit terlebih dahulu untuk mendapatkan Bus no. 25 menuju Wat Pho & Grand Palace. Tarif Bus-nya adalah 6,5 THB, dibanding naik taxi atau transportasi online, naik bus sangat murah kan teman-teman.

Tarif masuk Wat Pho saat 12 April 2019 adalah 200 THB per orang, mungkin karena ada acara khusus ya.. Karena biasanya tiket masuk hanya 100 THB.

Pastikan ketika kamu masuk ke Wat Pho, gunakan pakaian yang sopan. Celana pendek dan baju "kutang" tidak diperbolehkan. Untuk cewek-cewek yang suka celana pendek, kamu bisa bawa kain untuk jadi rok jika masuk dan nanti bisa dilepas lagi saat keluar.


Oh ya Wat Pho dekat banget dengan Grand Palace dan Wat Arun jadi kamu pasti melihat 3 tempat ini dalam sekali trip ke daerah Phra Nakhon bahkan kamu bisa sekalian mengikuti Chao Phraya river cruise. Kalau pergi siang-siang pastikan bawa penutup kepala atau payung, di sana panasnya pake bingitssss... Kamu bisa menginap di China Town juga jika mau lebih dekat ke sini. Pada trip sebelumnya, Saya memang menginap di China Town dan cukup jalan kaki ke Grand Palace dan 2 objek wisata lainnya. China Town dekat dengan Stasiun MRT Hua Lampong. Wat Pho dan Grand Palace juga lumayan dekat dengan Khaosan Road, tempat paling meriah untuk perayaan Songkran (selain tahun 2019) dan terkenal dengan kehidupan backpacker-nya. Kamu bisa coba di sana untuk songkran tahun depan :)


Lebih lengkap tentang trip saya bisa dicek di sini : www.youtube.com/opinez




52 tampilan