©2019 by Yospina Lidan Patiung ( Travel's Recap )

  • Facebook
  • YouTube
  • Yospina Lidan Patiung

Penginapan hanya Rp.100.000/ malam di Jakarta untuk Backpacker

Diperbarui: Jan 28

Jakarta identik dengan kata "Mahal". Ibukota negara dan pusat ekonomi dan bisnis, membuat Jakarta mau ga mau harus dikunjungi bagi para pebisnis dan pekerja baik dari instansi pemerintahan maupun swasta. Maka tidak heran kalau hotel-hotel di Jakarta akan selalu terisi oleh tamu dari berbagai daerah yang sedang dinas ataupun tujuan bisnis. Berarti "demand" terhadap penginapan terus bertambah menyebabkan harga kamar hotel begitu mahal dan bagi para backpacker ini sangat tidak menguntungkan. Backpacker pasti harus berhitung kembali sebelum booking kamar hotel karena biaya 500rb per malam rasa-rasanya rugi untuk penggunaan hanya sekitar 8 jam sehari dimana kita akan lebih banyak beraktifitas di luar.


Pada perjalanan dinas saya kali ini, saya extend 2 hari untuk tinggal di Jakarta, tentu dengan biaya sendiri ( karena kantor hanya berkewajiban membayar biaya hotel saya sesuai jangka waktu penugasan) maka begitu perdin berakhir saya memilih berpindah dari Hotel ke Hostel. Dari aplikasi booking[dot]com saya mendapatkan rate hostel murah yang harga dan kualitasnya sebanding dengan Hostel di Singapore dan Malaysia loh.


Oh ya, sebenarnya plan saya adalah begitu selesai perdin saya akan ke Singapore jika harga tiket murah namun saya siapkan back up penginapan jika saya harus batal ke Singapore. Jadi saya booking hostel di Jakarta hanya untuk cadangan dan tentu saya tidak mau bayar sebelum tiba di lokasi, maka saya pilih https://www.booking.com/s/32_8/yospin27 karena bisa pilih "pay at property" dan free cancelation jadi jika saya ke Singapore maka hostel yang saya booking di Jakarta bisa dicancel tanpa dan tidak ada tagihan ke kartu kredit. Ternyata pas cek tiket ke Singapore memang sudah mahal jadi saya urungkan niat ke LN dan akhirnya stay di Jakarta, sekalian mau coba MRT guys hehehehe


Di aplikasi, saya buka review tentang Hostel ini dan ternyata hostelnya mendapatkan bintang 8.9 dari para traveller yang pernah stay di sana, jadi tanpa pikir panjang saya langsung book dan beruntung banget saat booking dapat harga Rp.201.450 untuk 2 malam sudah termasuk breakfast. Wow! pertama kalinya saya nginap di hostel di Indonesia dan dapat harga yang cukup bersaing dengan hostel-hostel di negara tetangga). Di Malaysia, saya masih sering dapat hostel 60rb - 70rb semalam dengan kualitas hampir sama dengan hostel ini, Kalau di Singapore saya pernah dapat harga 120ribu semalam, menurutku mereka ini berada di level yang sama dari sisi fasilitas, kebersihan dan service.


Hostel ini namanya Pinx's Hostel, letaknya di Jl. gunung Sahari 12, persis di belakang Orchardz Hotel. Dekat banget dengan halte Bus - Jembatan Merah jadi kemana-mana mudah, tinggal jalan kaki 3 menit ke halte dan jelajahi Jakarta dengan Bus Trans Jakarta.



Kalau mau booking bisa klik di sini : https://www.booking.com/s/32_8/yospin27


Yang paling saya suka dari Hostel ini adalah working space-nya luas dan banyak tempat duduk dengan model kursi yang variatif jadi kita tidak bosan di sini, kemudian tenang dan aman, akses ke semua pintu mulai dari lobby hingga ke kamar menggunakan kartu jadi tidak sembarang orang bisa masuk.


Saya ambil kamar dormitory karena saya menginap hanya 2 malam saja dan juga biar hemat. Di Hostel ini juga ada privat room kok. Di dormitory room ada 12 tempat tidur di dalamnya tapi saat saya check-in sampai pulang, hanya 2 penghuni termasuk saya dan kita tidak saling menyapa hingga saya check-out. Mungkin karena minggu pertama puasa jadi tidak terlalu ramai pengunjung. Tidak perlu takut kehilangan barang-barang di hostel karena selain kartu sebagai pengaman (yang bisa akses kamar hanya penghuni kamar dan staff hostel), setiap bunk juga dilengkapi dengan loker masing-masing di bawah tempat tidur dan sudah dikasih gembok tanpa perlu beli lagi. Di Beberapa Hostel di Malaysia, kita harus siapkan gembok sendiri untuk loker kita atau beli punya mereka dan tentu itu menjadi tambahan biaya lagi ya.. Nah di sini semua tinggal terima beres, bahkan handuk pun dikasih.. Oh ya lupa.. hanya 1 kekurangnya yaitu tidak disediakan perlengkapan toiletries seperti sabun mandi dan kawan-kawannya yaa.. tapi bagi saya, harga segini juga sudah sangat murah kalau masih ngarepin disediakan macem-macem mah sudah keterlaluan namanya. Lagian kemanapun saya pergi saya selalu bawa perlengkapan toiletries sendiri sehingga walaupun menginap di Hotel bintang saya akan tetap menggunakan sabun, shampoo, pasta gigi dan handuk yang saya bawa dari rumah. Entah mengapa saya tidak merasa nyaman jika harus menggunakan punya hotel. So, ini bukan masalah sama sekali bagi saya.



Kebersihan, dari lantai dasar kita sudah wajib lepas sepatu dan simpan di rak, ada sandal disediakan untuk kita gunakan ke kamar masing-masing. Kamar mandi, toilet dan pantry juga bersih. Working space dan living room di gabung, kita bisa kerja sambil nonton atau sambil sarapan, wi-fi juga kencang. Hostel ini juga punya paket menginap bulanan..


tangga di design dengan informasi jumlah kalori terbakar setiap menaiki satu anak tangga

Depan hostel ada banyak warung yang menyediakan nasi campur dengan harga paket mulai dari Rp.12.000 - Rp.20.000 Free teh tawar. Di Hostel juga ada cafe dan mini store jadi bisa mengorder minuman kalau mau.

Makanan di warteg depan hostel

Saat sudah siap-siap pulang, sudah check-out jam 11 pagi namun masih bisa menggunakan living room untuk kerja sambil menghabiskan waktu karena saya baru akan berangkat ke Airport jam 3 sore dan selama itu pemilik dan petugasnya tetap sangat ramah berinteraksi dengan saya, pokoknya mereka baik banget deh.


Teman-teman bisa coba di hostel ini jika berkunjung ke Jakarta, bisa juga booking hostelnya di link ini : https://www.booking.com/s/32_8/yospin27


ini saya sertakan juga kontak PICnya jika mau cari informasi lebih lanjut

Review kamarnya bisa nonton di video ini : https://youtu.be/p6ZcE5MMq88


Booking Pinx's Hostel di : https://www.booking.com/s/32_8/yospin27

55 tampilan